Para pelaku di dalam pasar yaitu penjual dan pembeli. Umumnya para penjual itu menyebutkan bahwa lingkungan pasar merupakan pasar dari suatu produk atau jasa. Pasar dapat diklasifikasikan berdasarkan para peminat atau pelaku pembeliannya sebagai berikut :
1. Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir. Para konsumen akhir (pemakai) meminta barang-barang atau jasa-jasa yang diperlukan, yang dapat dibeli atau disewa olehnya. Contohnya barang-barang berupa makanan, pakaian, dan televisi dapat dibeli, sedangkan untuk rumah dapat dibeli atau disewa.
2. Pasar Produsen
Pasar produsen adalah pasar yang terdiri atas individu-individu atau organisasi-organisasi yang memerlukan barang atau jasa untuk kepentingan produksinya. Para produsen memerlukan barang-barang modal dan barang atau jasa untuk diproses lebih lanjut, kemudian dijual kembali atau disewakan kepada pihak lain.
3. Pasar Pedagang Perantara
Pasar pedagang perantara adalah pasar yang terdiri atas individu-individu atau organisasi-organisasi yang disebut perantara dalam penjualan, pedagang, penyalur, makelar, dan lain-lain perantara, yang memerlukan barang-barang untuk dijual kembali.
4. Pasar Pemerintah
Pasar pemerintah adalah pasar yang terdiri atas unit-unit pemerintah (pusat dan daerah) yang memerlukan barang atau jasa untuk mencukupi keperluan dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsinya dalam pemerintahan. Di sini unit-unit pemerintah tersebut merupakan pengguna barang atau jasa yang serupa dengan konsumen akhir.
ARTIKEL TERKAIT: