Rabu, Oktober 24, 2012

Pengertian Pasar Pedagang Perantara

>
Pasar pedagang perantara adalah pasar yang terdiri atas individu-individu atau organisasi-organisasi yang disebut perantara dalam penjualan, pedagang, penyalur, makelar, dan lain-lain perantara, yang memerlukan barang-barang untuk dijual kembali.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pasar Produsen

>
Pasar produsen adalah pasar yang terdiri atas individu-individu atau organisasi-organisasi yang memerlukan barang atau jasa untuk kepentingan produksinya. Para produsen memerlukan barang-barang modal dan barang atau jasa untuk diproses lebih lanjut, kemudian dijual kembali atau disewakan kepada pihak lain.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pasar Konsumen

>
Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir. Para konsumen akhir (pemakai) meminta barang-barang atau jasa-jasa yang diperlukan, yang dapat dibeli atau disewa olehnya. Contohnya barang-barang berupa makanan, pakaian, dan televisi dapat dibeli, sedangkan untuk rumah dapat dibeli atau disewa.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pasar Dalam Negeri

>
Pasar dalam negeri adalah pasar-pasar yang terdapat dan terjadi di dalam suatu wilayah negara. Pasar dalam negeri dapat berupa pasar nyata yang ada di kota-kota atau daerah dan yang terjadi secara luar dengan menggunakan teknologi dalam wilayah tertentu yaitu dalam wilayah kota, dalam wilayah provinsi, dan di keseluruhan wilayah negara bersangkutan.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pasar Luar Negeri

>
Pasar luar negeri adalah pasar yang terdapat dan terjadi antara suatu negara dengan dengan negara lainnya. Pasar luar negeri dapat terjadi karena adanya kegiatan dagang antara dua negara (bilateral) dan kegiatan dagang antara lebih dari dua negara (multilateral). Pasar luar negeri dapat disebut sebagai pasar internasional.
Baca Selengkapnya...

Macam Macam Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya

>
Berdasarkan lingkup daerahnya atau kawasannya, jenis pasar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pasar dalam negeri dan pasar luar negeri.

1. Pasar dalam negeri adalah pasar-pasar yang terdapat dan terjadi di dalam suatu wilayah negara. Pasar dalam negeri dapat berupa pasar nyata yang ada di kota-kota atau daerah dan yang terjadi secara luar dengan menggunakan teknologi dalam wilayah tertentu yaitu dalam wilayah kota, dalam wilayah provinsi, dan di keseluruhan wilayah negara bersangkutan.

2. Pasar luar negeri adalah pasar yang terdapat dan terjadi antara suatu negara dengan dengan negara lainnya. Pasar luar negeri dapat terjadi karena adanya kegiatan dagang antara dua negara (bilateral) dan kegiatan dagang antara lebih dari dua negara (multilateral). Pasar luar negeri dapat disebut sebagai pasar internasional.
Baca Selengkapnya...

Jenis Jenis Pasar Berdasarkan Lingkup Daerahnya

>
Berdasarkan lingkup daerahnya atau kawasannya, jenis pasar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pasar dalam negeri dan pasar luar negeri.

1. Pasar dalam negeri adalah pasar-pasar yang terdapat dan terjadi di dalam suatu wilayah negara. Pasar dalam negeri dapat berupa pasar nyata yang ada di kota-kota atau daerah dan yang terjadi secara luar dengan menggunakan teknologi dalam wilayah tertentu yaitu dalam wilayah kota, dalam wilayah provinsi, dan di keseluruhan wilayah negara bersangkutan.

2. Pasar luar negeri adalah pasar yang terdapat dan terjadi antara suatu negara dengan dengan negara lainnya. Pasar luar negeri dapat terjadi karena adanya kegiatan dagang antara dua negara (bilateral) dan kegiatan dagang antara lebih dari dua negara (multilateral). Pasar luar negeri dapat disebut sebagai pasar internasional.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pasar Persaingan Monopoli

>
Pasar persaingan monopoli atau monopolistik adalah pasar yang di dalamnya terdapat banyak pembeli dan beberapa penjual yang mengadakan transaksi pada beberapa tingkat harga. Pihak penjual sengaja menentukan beberapa tingkat harga dengan tujuan untuk menarik konsumen dengan mensuplai beragam kualitas atau keistimewaan produk yang ditawarkan. Di sini penjual atau produsen berupaya untuk memasuki beberapa segmen pasar atau berbagai tingkatan konsumen dengan cara menawarkan berbagai keunggulan produk dan tingkatan harga.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Bursa

>
Bursa adalah suatu tempat bertemu dan berkumpulnya orang-orang dari golongan pengusaha untuk membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia bisnis/perdagangan/perniagaan, baik secara langsung melaksanakan jual beli maupun tidak.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Monopsoni

>
Monopsoni adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang atau jasa oleh satu perusahaan sebagai pembeli tunggal. Jadi, ketika dalam pasar pembeliannya dikuasai oleh pembeli tunggal maka disebut sebagai monopsoni.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Permintaan Kolektif

>
Permintaan kolektif atau permintaan pasar adalah kumpulan dari permintaan-permintaan individu. Permintaan kolektif biasanya dijadikan sebagai bahan penyelidikan para pakar ekonomi. Hal itu disebabkan permintaan kolektif ini mempunyai sifat yang homogen dan dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu bangsa.
Baca Selengkapnya...

Hukum Permintaan

>
Bila harga suatu barang naik maka permintaan atas barang tersebut akan turun, sebaliknya bila harga barang turun maka permintaan atas barang tersebut akan naik.
Baca Selengkapnya...

Teori Permintaan

>Bila permintaan naik maka harga relatif naik, sebaliknya bila permintaan turun maka harga relatif turun.
Baca Selengkapnya...

Teori Penawaran

>
Bila penawaran naik maka harga akan relatif turun, Sebaliknya bila penawaran turun maka harga akan relatif naik.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Oligopsoni

>
Oligopsoni adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang atau jasa oleh beberapa pelaku usaha secara bersama (biasanya kelompok perusahaan). Oligopsoni menunjuk pada suatu kondisi pasar yang didalamnya terdapat beberapa pembeli. Masing-masing pembeli mempunyai peran cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang dibelinya.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pasar Monopoli

>
Pasar monopoli adalah pasar yang di dalamnya hanya terdapat satu pelaku atau satu kelompok pelaku usaha (perusahaan/produser/penjual) produk sejenis, sehingga pelaku usaha tersebut akan dapat menentukan harga jual produknya sendiri dengan mudah karena tidak ada pesaing.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Oligopoli

>
Oligopoli adalah pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual (sedikit). Masing-masing penjual menjual memproduksi dan menjual produk yang serupa atau hampir serupa. Jenis barang yang mereka jual biasanya berupa barang-barang spesifik. Misalnya minuman, barang-barang berupa telepon genggam, kamera digital, komputer kecil, dan sebagainya.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Permintaan Individu

>
Permintaan Individu adalah permintaan yang datangnya dari diri seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang sifatnya sangat berbeda-beda, tergantung pada tingkat kemajuan dan kemakmuran seseorang.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Permintaan Absolute

>
Permintaan absolute adalah permintaan atas sejumlah barang atau jasa yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harganya. Permintaan absolute dapat diubah menjadi permintaan potensial atau permintaan efektif dengan melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan daya beli konsumen. Misalnya upaya pemerintah mengadakan investasi dalam bidang infrastruktur yang memungkinkan bertambahnya luasnya lapangan kerja dan meningkatnya pendapatan masyarakat.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Permintaan Potensial

>
Permintaan potensial adalah permintaan atas sejumlah barang/jasa yang dibatasi oleh harga tertentu. Permintaan potensial dapat berubah menjadi permintaan efektif jika daya beli atau pendapatan konsumen meningkat. Di samping itu, permintaan potensial dapat diubah menjadi permintaan efektif dengan cara menyesuaikan harga barang dengan kemampuan daya beli konsumen. Misalnya dengan menyederhanakan kemasannya atau membagi produk menjadi kemasan yang kecil-kecil sehingga harganya menjadi terjangkau, atau dengan cara angsuran atau kredit.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Publisitas

>
Publisitas adalah suatu bentuk penyajian usaha untuk meningkatkan permintaan dari suatu produk secara non personal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk perusahaan yang bersangkutan. Adapun caranya adalah dengan mengadakan wawancara dan hasilnya dimuat dalam media cetak.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Promosi Penjualan

>
Promosi penjualan adalah suatu bentuk penyajian kegiatan pemasaran selain dengan personal selling, advertensi, publisitas, juga dengan keefektifan para agen. Adapun pelaksanaan promosi penjualan dapat melalui pertunjukan, pameran, demonstrasi, dan segala usaha penjualan.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Negosiasi

>
Negosiasi adalah tawar menawar dengan cara perundingan untuk memberi dan menerima kesepakatan bersama, mengenai sesuatu hal bagi kepentingan masing-masing pihak.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Product Motives

>
Product motives adalah suatu pengaruh serta alasan pembeli atau pelanggan mau membeli karena adanya barang-barang tertentu.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Patronage Motives

>
Patronage motives adalah suatu pengaruh serta alasan pembeli atau pelanggan mau membeli barang dikarenakan adanya penyalur atau penjual.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Tengkulak

>
Tengkulak adalah para pengusaha pengumpul barang dagangan yang datang ke daerah-daerah penghasil. Misalnya daerah penghasil beras, buah-buahan, dan hasil bumi lainnya. Hasil barang dagangan yang dikumpulkan oleh para tengkulak itu ada yang dijual di pasar-pasar dan ada yang dijual ke perusahaan eksportir.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Cincu

>
Cincu adalah para pengusaha semacam tengkulak yang berkeliling ke daerah-daerah tertentu dengan membawa barang impor untuk dijual sambil membeli barang-barang hasil bumi dari daerah setempat untuk keperluan ekspor. Barang-barang impor itu ada juga yang langsung ditukar dengan barang-barang untuk ekspor.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Permintaan Efektif

>
Permintaan efektif adalah permintaan atas sejumlah barang/jasa yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harganya. Permintaan efektif akan membentuk harga dipasar atau menyebabkan transaksi jual beli di pasar. Permintaan efektif inilah yang akan membentuk harga pasar atau harga keseimbangan.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Permintaan

>
Permintaan adalah sesuatu yang diinginkan dan kemudian diucapkan kepada seseorang.

Permintaan dalam ulmu ips dan kewirausahaan adalah banyaknya jumlah barang atau jasa yang diminta orang-orang pada suatu pasar tertentu, pada tingkat tertentu, pada tingkat pendapatan tertentu, dan dalam suatu periode tertentu.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Penjualan

>
Penjualan adalah suatu proses kegiatan penyerahan barang atau jasa berdasarkan harga yang telah disepakati oleh produsen dan konsumen.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Barang Kena Pajak

>
Barang Kena Pajak (BKP) adalah barang berwujud yang menurut sifat dan hukumnya dapat berupa barang bergerak atau barang tidak bergerak, maupun tidak berwujud yang dikenakan pajak berdasarkan undang-undang.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Barang Kena Pajak

>
BKP (Barang Kena Pajak) adalah barang berwujud yang menurut sifat dan hukumnya dapat berupa barang bergerak atau barang tidak bergerak, maupun tidak berwujud yang dikenakan pajak berdasarkan undang-undang.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Inovatif

>Inovatif adalah suatu temuan baru yang menyebabkan berdayagunanya produk atau jasa ke arah yang lebih produktif.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pajak Daerah

>Pajak daerah adalah pajak yang dikelola atau pemungutannya dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengisi kas negara. Contohnya pajak pembangunan dan pajak kendaraan bermotor.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pajak

>
Pajak adalah iuran pada negara dari rakyat yang diwajibkan membayarnya, karena undang-undang dapat dipaksakan dan pemerintah tidak memberikan balas jasa yang langsung dapat ditunjukkan.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Pajak Pusat

>Pajak pusat adalah pajak yang dikelola atau pemungutannya dilakukan oleh pemerintah pusat, untuk mengisi kas negara. Contohnya PPh, PPN, PPnBM, dan Bea Materai.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Merek

>Merek adalah nama, tanda, istilah atau lambang untuk menandakan suatu produk.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Personal Selling

>
Personal selling adalah suatu bentuk penyajian promosi langsung dalam suatu pembicaraan dengan seorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar penjualan langsung barang perusahaan dapat terlaksana.

Dalam kata lain, personal selling adalah penyajian barang secara lisan kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual.
Baca Selengkapnya...

Pengertian Advertensi

>Advertensi adalah suatu bentuk penyajian promosi barang yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang bersifat non personal.

Media yang sering digunakan dalam Advertensi adalah melalui surat kabar, majalah, televisi, radio, dan billboard.
Baca Selengkapnya...

Cara Memposting File pdf di Blogspot

>Postingan ini sebagai respon dari pertanyaan kawan kita, meganet, tentang bagaimana menyisipkan file PDF dalam posting Blogger. Ada trik untuk itu. Kita membutuhkan layanan dari pihak ketiga. Dalam hal ini saya memberi contoh dengan menggunakan layanan dari Scribd.com. Semoga ini juga berguna buat teman-teman yang lain.

Contoh nya seperti di bawah ini :


Download this book

Menarik Bukan ??

Ok, Mari ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Kunjungi website www.scribd.com
  2. Klik Sign Up untuk mendaftar, Masukkan data diri Anda.
  3. Masuk ke akun e-mail Anda. Buka e-mail dari Scribd berjudul "Verify your e-mail address", klik link yang tersedia dan loginlah
  4. Pada Step 1 - Choose Documents to Upload, klik browse untuk memilih dokumen PDF Anda di komputer, Klik "Upload" www.frozpedia.com
  5. Pada halaman "Describe Your Document", isilah isian dari judul dokumen hingga keywordnya, klik "Save"
  6. Selanjutnya pada halaman "Share Your Document", gulung halaman ke bawah, pada pilihan "Share This Document", klik button" Embed Code"
  7. Masuk ke Akun Blogger Anda.
  8. Klik "Buat Entri", klik Tab "Edit HTML", masukkan kode dari Scribd tadi dengan menekan Ctrl + V
  9. Hasilnya, dokumen PDF Anda akan termuat dalam postingan Blogger Anda. Anda tinggal menerbitkan entri/postingan Anda.

Download Artikel pdf
Baca Selengkapnya...

Cara Mengompress Blog Versi 1

>
Terkadang kode html pada blog kita terlalu panjang bahkan ada beberapa script yang tidak penting yang akan memperlambat blog kita. Oleh karena itu saya sarankan sobat untuk menggunakan alat kompress html yang terdapat di web ini http://www.webtoolhub.com/tn561361-html-optimizer.aspx

Jangan takut terjadi error sobat, saya sudah membuktikannya dan hasilnya blog Frozpedia ini menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Caranya sebagai berikut :
1.   Masuk ke akun blogger anda
2.   Klik Dasbor
3.   Klik rancangan pada blog yang akan di kompress
4.   Klik menu Edit HTML
5.   Salin kode antara <body> sampai </body> www.frozpedia.com
6.   Buka situs http://www.webtoolhub.com/tn561361-html-optimizer.aspx
7.   Letakkan kode pada form yang telah disediakan
8.   Biarkan 3 form tercentang
9.   Klik Optimize
10. Ambil kode yang sudah di kompress
11. Ganti kode di blog anda dengan kode yang telah di kompress tadi.

Selesai, sekarang rasakan perbedaan kecepatan blog sobat, semoga bermanfaat.
Baca Selengkapnya...

Cara Mengukur Kecepatan Blog

>Untuk mengetahui kecepatan blog, anda bisa mengunjungi website http://tools.pingdom.com Atau kunjungi ini https://developers.google.com/pagespeed/
www.frozpedia.com
Semakin tinggi nilai yang dicapai, maka semakin bagus kecepatan blog anda. Jangan lupa untuk mengukur kecepatan blog ini :)
Baca Selengkapnya...

Pengertian Perjanjian Internasional

>
Perjanjian internasional adalah perjanjian antarnegara dengan organisasi internasional yang menimbulkan akibat hukum tertentu berupa hak dan kewajiban di antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian tersebut.
Baca Selengkapnya...

Syarat Menjadi Aggota PBB

>Adapun syarat-syarat untuk diterima menjadi anggota PBB yaitu :
  1. Negara yang merdeka.
  2. Negara itu mencintai perdamaian.
  3. Bersedia memenuhi kewajiban-kewajiban sebagai anggota PBB.
  4. Mendapat persetujuan dari Dewan Keamanan PBB dan disetujui oleh Majelis Umum PBB.
Baca Selengkapnya...

Tujuan dan Asas PBB

>     Tujuan PBB terdapat dalam mukadimah Piagam PBB, dan dipertegas lagi dalam pasal 1 Piagam PBB. Ada pun tujuan tersebut adalah :
  1. Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
  2. Mengembangkan hubungan-hubungan persaudaraan antara bangsa-bangsa.
  3. Menciptakan kerja sama dalam memecahkan masalah usaha internasional dalam bidang ekonomi, sosial budaya, dan hak asasi manusia.
  4. Menjadikan PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan-tujuan pendirian PBB.

     Untuk mencapai tujuan yang tercantum dalam pasal 1, PBB menganut tujuh asas seperti yang tertuang dalam pasal 2 piagam PBB, yaitu :
  1. PBB didirikan atas dasar persamaan kedaulatan dari semua negara anggota.
  2. Semua anggota dengan i'tikad baik harus melaksanakan kewajiban-kewajiban yang telah disetujui sesuai dengan ketentuan Piagam.
  3. Sengketa-sengketa internasional akan diselesaikan dengan cara damai sehingga tidak membahayakan perdamaian, keamanan, dan keadilan internasional.
  4. Dalam melaksanakan hubungan internasional, semua anggota harus mencegah tindakan-tindakan yang berupa ancaman atau kekerasan terhadap hak kedaulatan atau kemerdekaan politik negara lain.
  5. Semua anggota harus membantu PBB dalam tindakan-tindakannya yang diambil berdasarkan ketentuan Piagam.
  6. PBB akan menjaga agar negara-negara yang bukan anggota bertindak sesuai dengan asas-asas yang ditetapkan oleh PBB.
  7. PBB tidak akan melakukan campur tangan dalam masalah-masalah dalam negeri dari setiap anggota atau mengharuskan penyelesaian masalah itu menurut ketentuan Piagam.
Baca Selengkapnya...

Tujuan Organisasi Konferensi Islam (OKI)

>OKI didirikan dengan berbagai tujuan, di antaranya :
  1. Memajukan solidaritas Islam di antara negara-negara anggota.
  2. Memperkuat kerja sama antara negara-negara anggota dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan bidang-bidang lainnya serta mengadakan perundingan.
  3. mengupayakan seoptimal mungkin untuk menghilangkan pemisahan rasial, diskriminasi serta menghilangkan kolonialisme dalam berbagai bentuk.
  4. Mengatur usaha melindungi tempat-tempat suci, menyokong perjuangan rakyat Palestina, dan membantu rakyat Palestina dalam memiliki kembali hak-hak mereka untuk membebaskan tanah Palestina.
  5. Membentuk suasana yang harmonis demi meningkatkan kerja sama dan pengertian di antara sesama negara anggota OKI maupun negara-negara lain.
  6. Memperkuat perjuangan umat Islam dalam melindungi martabat umat, ketidaktergantungan, dan hak setiap negara Islam.
Baca Selengkapnya...

Tujuan Didirikannya Gerakan Non-Blok

>Tujuan Gerakan Non-Blok ditetapkan dalam KTT I di Beograd pada tahun 1961. Tujuan didirikannya Gerakan Non-Blok adalah :
  1. Mendukung perjuangan dekolonisasi dan memegang teguh perjuangan melawan imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, rasialisme, dan zionisme.
  2. Wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang.
  3. Mengurangi ketegangan antara Blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.
  4. Tidak membenarkan usaha penyelesaian sengketa dengan kekerasan senjata.
Baca Selengkapnya...

Tujuan ASEAN

>Piagam Deklarasi Bangkok merumuskan tujuan pembentukan ASEAN, yaitu :
  1. Mempercepat pertumbuhan, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian.
  5. Meningkatkan kerja sama di bidang pertanian, industri, perdagangan dan jasa, serta meningkatkan taraf hidup rakyat mereka.
  6. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi-organisasi internasional dan regional.
     Untuk mencapai tujuan tersebut setiap negara anggota ASEAN harus memegang teguh prinsip-prinsip :
  1. Hormat terhadap kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional dan identitas nasional setiap negara.
  2. Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan luar, subversif atau konversi dari luar.
  3. Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai.
  4. Menolak penggunaan militer.
  5. Kerja sama efektif antara anggota.
Baca Selengkapnya...

Referensi :

Sebagian artikel yang tidak tertulis referensi nya adalah bersumber dari buku catatan sekolah.. Jika anda ingin memposting artikel bersumber dari blog ini, Mohon sertakan Referensinya agar anda tidak melanggar Aturan Penulisan, Terima Kasih :))