Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran antara lain sebagai berikut :
1. Ongkos Produksi
Komponen-komponen yang mempengaruhi ongkos produksi seperti faktor tempat, upah buruh, dan sebagainya akan mempengaruhi jumlah produksi, sehingga juga akan mempengaruhi penawaran.
2. Harga Pasar
Harga pasar yang berlaku saat itu terhadap barang-barang yang dihasilkan produsen, akan menentukan penawaran.
3. Tenkologi
Kemampuan teknologi yang dimiliki oleh suatu perusahaan, menentukan besar kecilnya kapasitas produksi pada perusahaan yang bersangkutan.
4. Tujuan Tertentu
Misalnya untuk mematikan saingan, produsen melakukan politik dumping, sehingga harga barangnya menjadi lebih murah dipasaran.
5. Kebutuhan Akan Uang
Produsen yang keuangannya lemah akan tetap menawarkan barangnya, walaupun dengan keuntungan yang sedikit, demi kelangsungan usahanya.
6. Besarnya Keuntungan Yang Diharapkan
Karena target tertentu untuk meningkatkan perusahaannya, produsen atau penjual meningkatkan penawarannya.
ARTIKEL TERKAIT: